1. Piston. Untuk memodifikasi motor Anda agar
menjadi lebih cepat lajunya, Anda harus mengurangi berat piston sehingga
tenaga motor meningkat karena tenaga yang hilang untuk melawan berat
piston. Untuk mengurangi berat piston, Anda bisa memotong bagian bawah
dari piston, besarnya bagian yang dipotong tersebut sudah tertentu
(pasti) dan tiap sepeda motor tidak sama.
2. Kepala Silinder. Dalam proses modifikasi motor
Anda, kompresi ruang bahan bakar sangat menentukan tenaga yang
dihasilkan. Prinsipnya, semakin tinggi kompresi bahan bakar semakin
besar tenaga yang dihasilkan. Untuk mempertinggi kompresi ruang bakar
dapat dilakukan dengan mengurangi volume ruang bakar. Pada sepeda motor
umumnya, hal ini dilakukan dengan menggerinda kepala silinder sehingga
ruang bakar berkurang dan kompresinya meningkat.
3. Lubang Pembilasan. Jumlah gas baru campuran
bensin dan udara yang dimasukkan ke ruang bakar sangat menentukan
ternaga motor yang dihasilkan. Semakin banyak gas yang dimasukkan
berarti kepadatan gas semakin tinggi sehingga tekanan kompresi naik dan
pembakaran lebih baik. Untuk mencapai hal itu, lubang pembilasan
(pemasukkan) diperluas agar jumlah gas baru yang masuk lebih banyak.
Perluasan lubang bilans tersebut harus tetap pada batas-bataa tertentu
dan disertai pula modifikasi di bagian lain. JIka hal itu tidak
dilakukan maka motor bukannya bertambah tenaganya, tapi justru menjadi
rusak.
4. Sistem Kelistrikan. Tenaga listrik pada motor
kebyakan 6 volt. Tagangan tersebut dapat diubah menjadi 12 volt dengan
mengubah system kelistrikannya. Dengan tegangan 12 volt, lampu-lampu
menjadi lebih terang, klakson menjadi lebih keras dan bunga api busi
menjadi lebih besar.
5. Rocker Arm. Rocker arm atau lengan penumbuk katup juga berfungsi untuk meneruskan gerakan dari batang penekan (push rod) atau dari poros pam sehingga katup bisa membuka dan menutup. Rocker arm yang baik adalah yang ringan tapi kuat. Jika pemotongan rocker arm berlebihan akan mengakibatkan rocker arm menjadi mudah patah.
6. Roda Gigi. Modif motor dilakukan dengan tujuan
agar kecepatan sepeda motor bertambah pada tenaga mesin yang sama, roda
gigi belakang harus diganti dengan ukuran diameter yang lebih kecil,
jika roda gigi diganti dengan yang lebih kecil tentu saja panjang ranta
roda harus dikurangi dan disetel.
Memodifikasi motor untuk
mendapatkan performa tinggi bisa dilakukan sendiri dengan biaya yang lumayan
murah. Akan tetapi apabila masih ragu ,para bikers dapat membawa motor
kesayangan ke bengkel langganan.
1.
Karbulator
Kalau ingin motor kencang bisa
digunakan alternative mengganti karbulator dengan ukuran yang lebih besar dari
standarnya. Kalau ingin lebih murah ,bisa dengan mengganti spuyer saja dengan
ukuran lebih besar juga dr standarnya. Motor bawaan pabrik respon awalnya sangat
galak tapi untuk ngebut sangat sulit ,itu disebbkan spuyer yang dipakai
berukuran kecil sehingga pasokan bensin ke dapur pacu kurang maksimal.
Penggantian spuyer juga jangan asal-asalan ,bukan kencang lari motor kita
,malah tersendat-sendat atau mbrebet.
2.
System Pengapian
Perombakan di system pengapian
dapat dilakukan dengan mengganti CDI standart dengan CDI Racing. Sudah banyak
CDI Racing beredar dengan berbagai merek ,produk luar dan dalam negeri
dipasaran. System pengapian dapat diganti dengan menggeser pengapian. Menggeser
pengapian dilakukan dengan caramelepas bagian magnet dan menggeser pulser dengan cara mencoak lubangnya.
3.
Camsaft / Noken As
Bagian ini sangat berperan penting
terutama untuk motor 4tak sedangkan untuk mesin 2tak ditentukan oleh porting.
Noken As berfungsi untuk mengatur keluar
masuknya bahan bakar yang akan diproses
di dapur pacu sehinga menghasilkan power pada mesin. Bagian ini sangat
sensitive ,apabila salah korek ,motor gak bisa lari !! bikers dapat mengganti
bagian ini dengan Noken As Racing atau dengan membubutnya.
4.
Knalpot
Knalpot merupakan bagian pembangan
mesin. Penggunaan knalpot standart akan menghambat jalur keluar gas hasil
pembakaran karena ukuram muffler yang kecil. Knalpot standart dapat dibobok
untuk meningkatkan performa motor. Penggantian dengan knalpot free flow,juga menambah performa motor
,meskipun suaranya sedikit berisik.
Demikian sedikit trik untuk para
bikers yang ingin menambah performa tunggangannya tapi dengan biaya yang
relative lebih murah. Semoga bermanfaat, Salam Bikers …
No comments:
Post a Comment